Kamis, 29 Agustus 2013

MRT di Singapore

MRTdi Singapore | MRT adalah singkatan dari Mass Rapid Transit yang artinya adalah jaringan kereta yang meng-cover hampir seluruh bagian Singapura. MRT juga merupakan alat transportasi utama selain bus dan taxi. Harganya pun relatif murah dibading taxi, tapi kalau dibanding bus, MRT lebih mahal harga tiketnya, namun bus lebih lambat. MRT bergantian datang dengan selisih 5 menit sekali. Jadi tidak perlu khawatir jika Anda ketinggalan MRT karena 5 menit kemudian akan datang MRT lainnya selama masih jam operasional MRT.


Kapan jam operasional MRT?
Pada umumnya stasiun MRT buka jam 06.00 pagi sampai tengah malam, tapi tidak semua stasiun buka dan tutup dengan jam yang sama. Anda bisa lihat di papan pengumuman depan stasiun untuk mengetahui waktu tepatnya.

Ada beberapa macam cara untuk mendapatkan tiket MRT. Anda bisa membeli langsung di mesin tiket atau menggunakan kartu prabayar. Macam – macam tiket MRT:

Standard Ticket
Tiket ini bisa didapatkan di mesin tiket dengan sekali jalan yang berbentuk kartu. Kartu itu nantinya dikembalikan lagi ke mesin tiket setelah selesai.

EZ – Link
Tiket EZ-Link sangat cocok bagi Anda yang mau tinggal lama atau mau datang kembali ke Singapore. Tiket EZ-Link ini pembayarannya dengan sistem prabayar. Tiket ini bisa digunakan MRT dan bus.

Singapore Tourist Pass (STP)
Tiket ini khusus untuk para turis yang tinggal 1 sampai 3 hari saja di singapura. Tiket ini bisa Anda pakai kapan pun selama masih masa berlakunya. Tiket ini juga berlaku untuk bus.
Tiket itu berguna untuk masuk dan keluar stasiun. Setiap masuk atau keluar nanti ada alat pendeteksi apakah kartu itu masih bisa berlaku atau tidak.

Singapura adalah negara yang maju dan disipilin, siapa saja yang melanggar akan kena denda untuk memberi efek jera pada pelakunya. Ada peraturan yang harus Anda patuhi saat berada di dalam MRT atau area stasiun MRT, di antaranya:

  • Dilarang membawa durian
  • Dilarang makan dan minum, bila melanggar kena denda $500
  • Dilarang merokok, bila melanggar kena denda $1000
  • Dilarang membawa benda yang mudah terbakar, bila melanggar kena denda $5000

Dengan info MRT di Singapore ini mudah mudahan anda bisa faham dan tidak buang buang uang karena kesalahan yang sepele, nantinya pun anda dapat berbelanja banyak di Singapore.

Semoga Tour Wisata ke Singapore Anda menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar